Alat Promosi Yang Harus Disiapkan Ketika Ingin Buka Usaha

August 8, 2020
Siap Bikin Usaha - ikmalimani.web.id
Semakin sulitnya sekarang mencari pekerjaan banyak orang ingin mencoba untuk membuka usaha agar dapur tetap mengebul, namun membuat usaha juga bukan perkara mudah, usahapun menuntuk kita untuk kerja lebih keras agar usaha kita bisa laku. Namun memang menjadi pilihan yang sulit antara menjadi karyawan dan menjadi pemilik usaha, semua ada enaknya dan gak enaknya. Disini saya ingin membagikan pengalaman saya khusus untuk kamu yang ingin membuka usaha. Semoga saja usahamu dapat menarik. Tapi juga harap diperhatikan branding hanya berpengaruh 20% dalam usaha.


Berikut daftar alat promosi yang sekiranya harus dipersiapkan untuk jalannya usaha kamu. Dapat di implementasikan pada usaha barang dan jasa.

1. Logo dan Nama Usaha

Logo dan Jenis Usaha - Kanayahouse.sda

Logo dan nama usaha ini jangan dipikir terlalu dalam, pokoknya nama yang bagi kalian cocok dan suka, juga logonya yang bikin orang langsung paham itu produk apa. Kalau masih bingung pakai nama usahanya aja dibikin logo, tinggal pilih font gratisan. Kalau mau gampang lagi cari aja logo di freepik. Kenapa disini saya berani bilang cari di freepik karena saya yakin usaha dari kalian juga gak gede betul, kalau usahanya besar pasti langsung cari agensi bukan cari website receh kayak saya. ^^
Pokoknya bikin yg seminimal budgetnya. Jangan lupa buat bikin stempel dan kartu nama.


2. Google maps
Ini diperuntukkan untuk yang usaha barang dan jasa yang fokus offline, untuk yang online nanti di nomer 3.

Google Maps - Backdrop Sidoarjo Kanayahouse.sda

Bikin tempat baru usaha kalian dengan nama produk kemudian nama tokonya, sebagai contoh "Backdrop Sidoarjo - Kanaya House", kenapa begitu karena orang kalau cari di google pasti cari barangnya. Karena ini kan usahanya baru buka, jadi kita brand awareness dulu di google, begitu juga nama media sosial. Kemudian pasang foto produknya di place google itu tutorialnya disini, dan foto depan toko agar orang bisa gampang cari alamatnya. Terus pinjem hp ke temen2 untuk review bintang 4 dan 5. 

Hal yg harus diperhatikan di google maps :
  1. Harus isi jam buka dan bener.
  2. Harus pasang nomer telepon dan chat masuk harus dijawab, kalaupun malas jawab bilang aja, mohon maaf kak saat ini telah lewat jam operasional nanti chat akan dibalas setelah jam operasional. Jadi jawabnya kayak BOT gitu.
  3. Foto depan toko dan panorama depan toko biar orang tau ancer2nya.
  4. Isi Aboutnya biar orang tau jualnya apaan, bikinnya jangan pendek, contoh : "persewaan Backdrop Sidoarjo Sewa & Hias Seserahan Ring Bearer / Kotak Perhiasan, bisa request tema, melayani Surabaya dan Sidoarjo." Jadi aboutnya harus memenuhi 5W1H, kalau perlu siapkan FAQ, jadi kalau ada yg ngechat receh tinggal di jawab template. Yg penting keliatan usaha kita meriah dan di pelihara.
  5. Isi produk, ini lumayan susah sih karena butuh waktu yang lumayan, jadi se nyamannya kalian aja


3. Bikin instagram
Instagram disini untuk landing page dan info harian dari usaha kamu. Bikin username yg sesuai dengan nama usaha kamu, dan di name isi nama produknya sekalian domisilinya, domisili penting biar calon pelanggan gak nanya. Domisili tergantung dari usahanya lokal atau seluruh indonesia. Dan yg penting kasih link ke whatsapp atau kemanapun nanti pakainya linktree, bikin orang semudah mungkin untuk pesen produknya. Yang sulit adalah mempersiapkan hightlight dan instagram postnya, ini kamu harus mempersiapkan paling tidak 300rb untuk jasa desainnya, desainnya nanti isinya 5W1H produk atau jasa kamu. Tapi ada versi gratisnya yaitu pasang aja foto produk2 kamu tapi fotonya harus SIANG!!!, karena matahari itu cahaya yg kaya warna, tidak ada yg bisa mengalahkan yakin 100%. Kalau kameranya sih terserah se punyanya aja, yg penting terang.

Instagram - Kanayahouse.sda
Dan juga isi captionnya dengan, nama barang, ukuran, warna, harga. Kalau kalian suka dichat tanya harga sama pelanggan, di caption harganya gak usah di tampilin aja. Trus kasih hashtag nama produk dan domisili. Kalau sekiranya udh semua produk ditampilin, bikin 1 post yg isinya about tokonya trus kemudian iklankan 300rb untuk 3bulan, atau cari endorse. Nah disini kenapa jangan abis duit di bikin logo, mending abis duit di promosi. Review bagus bisa dibeli ^^


4. Bikin kalender atau flyer
ini kalendernya dipakai kalo produk yg jualannya lokal kalo online abaikan aja, penjelasannya biar diwakilin channel youtube ini aja ya, ini udah joss idenya.



5. Bikin marketplace atau gofood grabfood.
ini udh ndak saya jelasin lagi soalnya konsepnya mirip kayak google maps, isi about, isi produk dan harga. Beres.

Pertanyaan :
1. Apa setelah saya bikin kelima item itu bisa langsung laris?
Belum tentu, itu kamu masih harus promosi dari mulut kemulut, endorse, ngespam di twitter, comment instagram dan dm, terserah apapun caranya yg penting orang tau dulu, karena di awal kita cari awareness.
Tergantung produknya juga, jadi banyak faktor yg mempengaruhi. Jadi di kelima list ini bukan jadi patokan barangnya terjual atau tidak, tapi hanya sekedar alat pembantu promosi. 


Bonus.
Bikin Kartu ucapan terima kasih dan ucapan selamat ulang tahun, orang tuh suka kalo di perhatiin, jadi saat beli kan minta data tuh suruh kasih nomor telepon dan tanggal lahir, jadi setiap ulang tahun kamu ucapkan selamat ulang tahun dan tanyain gimana produknya sekalian tawarin sekarang kamu lagi launching produk apa, kali aja minat. Ini cuman berlaku di toko offline dan pesanan langsung tanpa marketplace.
IKMAL IMANI