Desainer Grafis Harus Tahu Apa Itu KMDGI

October 24, 2020


Saat kita menjadi mahasiswa kita pasti tidak asing dengan acara KMDGI atau Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia, yang menjadi acara rutin untuk berkumpul antar mahasiswa yang bertujuan untuk saling bertukar pikiran dan mengapresiasi karya. Di blog ini saya ingin membagi kepada mahasiswa desainer angkatan baru atau mahasiswa non desain untuk mengerti bahwa kita sebagai mahasiswa desain juga harus mengetahui kondisi tentang dunia per desainan di setiap area. Berikut saya rangkum apa itu KMDGI sepengetahuan saya.
KMDGI adalah singkatan dari Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia, dengan arti Tempat berkumpulnya kegiatan seni atau kerajinan tangan mahasiswa desain grafis seluruh Indonesia. Dengan tujuan KMDGI menjadi suatu wadah komunikasi dan silaturahmi antar mahasiswa desain grafis Indonesia serta untuk mengangkat eksistensi mahasiswa desain grafis Indonesia.

Waktu Acara KMDGI
KMDGI diselenggarakan 2 tahun sekali dan dilaksanakan minimal 3 hari. Tuan rumah akan mengadakan Pra-KMDGI 6 bulan sebelum acaran diselenggarakan yang berisi tentang perumusan tema, logo KMDGI, tempat diselenggarakannya KMDGI, dan panduan teknis acara KMDGI.

Kegiatan
Kegiatan seni yang dipamerkan saat KMDGI beragam, tergantung tema yang dipilih oleh tuan rumah penyelenggara. Garis besar kegiatan dalam KMDGI selalu sama namun isinya selalu bervariasi. Berikut Garis besar acara didalam KMDGI

1. Pameran Tematik
Pameran tematik adalah pameran dengan mengacu permasalahan yang diangkat oleh tuan rumah dan merespon dengan karya yang di ikuti oleh semua peserta. Setiap peserta akan diberi space pameran untuk merespon permasalahan. Karya yang dipamerkan beragam, mulai dari desain grafis, Illustrasi hingga performing art, peserta dapat menentukan sendiri karya yang ingin ditampilkan. Karya yang ditampilkan juga harus menampilkan konsep karya tersebut. Pameran ini diikuti oleh peserta KMDGI dengan status keanggotaan Delegasi.

2. Pameran Simbiotik
Pameran simbiotik adalah pameran yang menjadi solusi alternatif dalam permasalahan di masyarakat, baik permasalahan sosial, budaya maupun politik. Dengan adanya pameran ini diharapkan karya tersebut menjadi solusi alternatif yang dapat membantu permasalahan masyarakat. Dengan diadakan pameran ini KMDGI berharap desainer grafis Indonesia tidak menjadi apatis dengan keadaan di sekitar, KMDGI ingin desainer grafis indonesia menjadi bagian yang erat dengan masyarakat. Pameran simbiotik ini ditampilkan dalam bentuk dokumentasi yang akan ditampilkan dan akan dilombakan. Pameran ini diikuti oleh peserta KMDGI dengan status keanggotaan Delegasi.

3. Forum KMDGI
Forum KMDGI didalamnya membahas permasalahan isu desain grafis yang terjadi, permasalahan kenggotaan dan internal KMDGI. Di forum ini juga dilakukan voting untuk menentukan tuan rumah selanjutnya, serta membahas kekurangan yang harus diperbaiki di KMDGI selanjutnya. Forum ini diikuti oleh peserta KMDGI dengan status keanggotaan Delegasi.

4. Seminar dan Talkshow
Seminar diadakan untuk peserta maupun umum, yang mengangkat tema desain grafis lokal maupun internasional.

5. Workshop
Workshop diadakan untuk saling berbagi keilmuan desain grafis ataupun yang terkait dengan seni dari tuan rumah yang di ikuti oleh seluruh peserta. Workshop ini dapat mengangkat tema yang bervariasi tergantung dari tuan rumah dengan khasnya masing-masing.

7. Pagelaran Seni
Kegiatan pagelaran seni diadakan untuk menambah pengalaman serta menjadi momen keakraban antar peserta.



Keanggotaan

Peninjau Pertama
Peninjau pertama adalah keanggotaan yang pertama kali masuk dalam keanggotaan KMDGI dengan cara memberi proposal keikutsertaan keanggotaan kepada tuan rumah. Peninjau pertama dapat mengikuti serangkaian acara kecuali Forum KMDGI, Pameran Tematik dan Pameran Simbiotik.

Peninjau Kedua
Peninjau Kedua adalah keanggotaan yang sudah mengikuti 1 kali acara KMDGI, Peninjau kedua dapat mengikuti serangkaian acara KMDGI kecuali, Pameran Tematik dan Simbiotik. Untuk acara forum peninjau kedua hanya bisa mendengarkan dan tidak bisa mengeluarkan pendapat.

Delegasi
Delegasi adalah keanggotaan yang sudah mengikuti acara KMDGI minimal 2 kali. Keanggotaan ini sudah menjadi keluarga resmi KMDGI

Peraturan Keanggotaan Delegasi KMDGI
1. Apabila delegasi tidak hadir 1 kali di KMDGI dengan tanpa alasan maka status keanggotaannya turun 1 tingkat menjadi peninjau 2.
2. Apabila delegasi tidak hadir 2 kali di KMDGI dengan tanpa alasan maka status keanggotaannya dicabut.



Tahun Penyelenggaraan KMDGI

KMDGI I
Tahun : 1993
Tuan Rumah : Universitas Trisakti

KMDGI II
Tahun : 1994
Tuan Rumah : Institut Teknologi Bandung

KMDGI III
Tahun : 1996
Tuan Rumah : Universitas Udayana

KMDGI IV
Tahun : 2000
Tuan Rumah : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

KMDGI V
Tahun : 2003
Tuan Rumah : Institut Kesenian Jakarta

KMDGI VI
Tahun : 2004
Tuan Rumah : Universitas Kristen Petra Surabaya

KMDGI VII
Tahun : 2007
Tuan Rumah : Institut Seni Indonesia Denpasar

KMDGI VIII
Tahun : 2009
Tuan Rumah : Universitas Sebelas Maret Solo

KMDGI IX
Tahun : 2011
Kota : Bandung
Tuan Rumah : Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Institut Teknologi Nasional, Institut Teknologi Harapan Bangsa, Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Pasundan Bandung, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Widyatama.

KMDGI X
Tahun : 2013
Tanggal : 25 – 28 April 2013
Tuan Rumah : Institut Kesenian Jakarta
Venue : Galeri Nasional Jakarta
Tema : Huft

KMDGI XI
Tahun : 2015
Tanggal : 11 – 14 November 2015
Tuan Rumah : Institut Seni Indonesia Denpasar
Venue : Institut Seni Indonesia Denpasar
Thema : Gini Lho

KMDGI XII
Tahun : 2017
Tanggal : 2 – 4 November 2015
Tuan Rumah : Institut Seni Indonesia Denpasar
Venue : UTC Training Centre
Thema : Udah Sama?

KMDGI XIII
Tahun : 2019
Tanggal : 3 – 5 Oktober 2019
Tuan Rumah : Universitas Negeri Padang
Venue : Universitas Negeri Padang
Thema : Oh Iya

KMDGI XIV
Tahun : 2021
Tanggal : 
Tuan Rumah : Universitas Negeri Malang
Venue : 
Thema : 


IKMAL IMANI